Berbuka Dengan Cara Yang Sangat Unik Di Bali


Berbuka Dengan Cara Yang Sangat Unik Di Bali

Berbuka Dengan Cara Yang Sangat Unik Di Bali



Buka puasa bersama atau bukber menjadi salah satu cara umat muslim menikmati kebersamaan di bulan Ramadan. Di kampung muslim Kepaon, Denpasar Selatan, Bali, punya cara tersendiri dalam bukber.

Megibung, demikian namanya, merupakan tradisi makan bersama sesuai dengan budaya Bali. Selama Ramadan, megibung dilaksanakan tiga kali setiap 10 hari puasa. Tradisi ini ternyata sudah dilakukan masyarakat muslim Kepaon sejak ratusan tahun lalu.

"Megibung ini bertujuan mempererat tali silaturahim bagi masyakarat. Juga sebagai rasa syukur bahwa kita sudah mengkhatamkan Alquran dari hari pertama sampai 10 hari ini. Nanti (megibung) ada lagi di hari ke-20 dan hari ke-30 ada lagi," kata Abdul Ghoni, takmir masjid Al-Muhajurin Kampung Islam, Kepaon, kepada detikcom, Sabtu (26/5).

Saat megibung, warga datang ke masjid dengan membawa makanan untuk buka puasa. Makanan yang dibawa anatara lain takjil berupa es sirup, kue basah dan nasi lengkap dengan lauk.

Warga yang membawa makanan telah diatur sesuai pemaksan atau kelompok. Ada tiga kelompok dalam kampung ini, yakni pemaksan kelod (selatan), pemaksan tengah dan pemaksan kaja (utara).

Abdul mengatakan, tradisi megibung tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim Kepaon. Diyakini, jika warisan leluhur ini dilupakan, akan terjadi hal yang tidak baik.

"Kita tidak boleh memungkiri ini. Ini suatu keniscayaan yang harus kita jaga bersama," ujarnya.

Megibung atau makan bersama, dimulai setelah jemaah menunaikan salat magrib. Mereka kemudian berkumpul dengan duduk melingkar sekitar lima hingga tujuh orang dengan satu nampan berisi makanan di tengah-tengah mereka.

Tidak hanya umat muslim Kepaon yang merupakan warga asli Bali, umat muslim pendatang juga diajak untuk mengikuti megibung. "Umat hindu juga kita ajak untuk bersama-sama rasakan kebahagian di 10 hari bersama," tegas Abdul.

Salah seorang perantau asal Jepara, Jawa Tengah yang ditemui detikcom, Aang Widiyatmoko, mengaku telah beberapa kali mengikuti megibung. Dia tinggal di desa Kepaon, dan sebagai warga pendatang, ia mengaku senang bisa berbagi dan diterima oleh warga Kepaon.

"Saya sebetulnya bukan orang sini cuma saya sering singgah untuk beribadah dan berbuka puasa bareng," jelas Aang.
Share on Google Plus

About mandiri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

  1. ASS..WR.WB.SAYA PAK RESKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL
    KLIK DISINI dijamin 100% tidak mengecwakan anda
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand

    BalasHapus