Gibran Akan Kembangkan Bisnis Martabaknya Sampai Luar Negeri

Gibran Akan Kembangkan Bisnis Martabaknya Sampai Luar Negeri

Gibran Akan Kembangkan Bisnis Martabaknya Sampai Luar Negeri

Jiwa wiraswasta Joko Widodo (Jokowi) tidak serta-merta hilang dalam dianya, walau telah menjabat seseorang Presiden. Jokowi memohon putra sulungnya, Gibran Rakabuming untuk membawa usaha martabak Markobar (Martabak Kota Barat) go internasional.

Pesan ini di sampaikan Jokowi waktu acara Ngopi Sore Bareng Presiden dengan beberapa penggiat kopi di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/10/2017).

" Anak saya saja saya kejar-kejar jualan martabak janganlah hanya di Indonesia saja, loncatlah walau cuma jualan martabak. Martabak internasional, " tutur Jokowi mengingatkan sang anak.

Pesan itu juga diperuntukkan pada aktor industri kopi untuk berani buka kedai di negara beda. " Bila ada peluang, sesudah buka disini (Indonesia), juga ke negara beda. Kita kan jual brand value. Jadi bila telah miliki brand, selekasnya. Tidak miliki uang, ngomong. Saya juga tidak miliki, namun dapat cariin, " kata Jokowi seraya dibarengi guyon.

Jokowi merekomendasikan, aktor industri kopi mesti kuasai sistem bisnisnya. Sesudah panen kopi, komoditas ini mesti diolah demikian rupa dengan paket yang menarik, peracikan yang bagus, serta pemasaran yang tak akan lewat jalur konvensional, namun juga merambah on-line.

" Bila sistem usaha benar-benar dikuasai, saya fikir kita dapat bertanding di pasar dunia. Mesti ada keberanian anak-anak muda kita untuk merebut kesempatan itu, terlebih di pasar domestik, jangan pernah dikuasai orang yang lain, " ucap Jokowi. 
Share on Google Plus

About Mandiri188

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar