CCA Satuan Untuk Tunjukan Baterai Saat Suhu Mesin Dingin

CCA Satuan Untuk Tunjukan Baterai Saat Suhu Mesin Dingin

CCA Satuan Untuk Tunjukan Baterai Saat Suhu Mesin Dingin

Terkecuali buat menyalakan mesin waktu dingin, CCA juga memastikan hal-hal lain, yakni kekuatannya menyalakan motor starter semakin besar. Umpamanya, aki motor dengan CCA tinggi dapat digunakan menyalakan mesin mobil.

“Di market ada aki motor yang dapat serta tidak menyalakan mesin mobil. Jikalau ada yang dapat, paling cuma sekali namun habis itu drop. Bila CCA-nya tinggi dapat digunakan hingga berulang-kali, ” ucap Topan Eka Putra, Sales Supervisor PT GS Gold Shine Batterai di Bursa Sepeda Motor, Jakarta.

Perusahaan itu satu diantara yang mengedarkan product aftermarket di market dengan angka CCA. Beberapa produk GS Gold Shine Batterai diklaim dapat menyalakan mesin mobil, bahkan juga hingga lebih 25 kali penggunaan.

Tiap-tiap motor starter pada kendaraan memerlukan daya yang besar supaya mulai bekerja menyalakan mesin. Daya itu disuplai oleh aki atau baterai. Umumnya, mengukur kekuatan aki ditetapkan oleh unit Ah (ampere hour) dengan tegangan rata-rata 12 volt.

Ah mengacu pada kemampuan daya yang tersimpan didalam aki. Tetapi ada sekali lagi unit yang tidaklah terlalu popular di Indonesia yakni CCA (Cold Cranking Amperes). Unit ini memberikan kekuatan baterai menyalakan mesin waktu suhunya dingin, bahkan juga hingga dibawah 0°.

“Semakin tinggi rating CCA, makin besar daya awal baterai. Catatannya, di Indonesia orang-orangnya lebih familiar dengan arti Ah, ” tutur Sarwono Edhi, Technical Service Training Development Astra Honda Motor.
Share on Google Plus

About Mandiri188

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar