AGEN BOLA - Putusan MK Buka Jalan Kesultanan Yogyakarta Dipimpin Perempuan

https://goo.gl/dy4tkL

AGEN BOLA - Putusan MK Buka Jalan Kesultanan Yogyakarta Dipimpin Perempuan

Putusan Mahkamah Konstitusi buka jalan Kesultanan Yogyakarta bisa di pimpin oleh wanita. Hal tersebut di sampaikan Irman Putra Sidin sebagai kuasa hukum pemohon dalam perkara uji materi Undang-Undang Nomor 13 Th. 2012 mengenai Kelebihan Daerah Istimewa Yogyakarta.

MK sendiri sudah mengabulkan uji materi itu, yang menyingkirkan kata " istri " dalam Pasal 18 ayat (1) huruf m, jadi prasyarat untuk maju jadi Gubernur DIY. Ini dilihat diskriminatif.

" Ada pasal seakan-akan, pasal di situ cuma lelaki sebagai raja. Putusan MK ini jadi pesan perlu, kalau wanita dapat jadi raja di Yogyakarta. Konstitusi begitu mengharamkan diskriminasi pada wanita, " kata Irman di gedung MK, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Masa jabatan Sri Sultan Hamengku Buwono X serta Sri Paduka Pakualam X jadi Gubernur serta Wakil gubernur DIY juga akan selekasnya selesai pada Oktober 2017 yang akan datang. Mengenai yang memiliki hak jadi gubernur serta wakil gubernur yaitu yang bertakhta jadi Sultan Hamengku Buwono serta Adipati Paku Alam, seperti ditata dalam Undang-Undang Kelebihan DIY.

Disamping itu, Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi disebut-sebut disediakan Sultan Hamengku Buwono X pimpinan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ia sendiri notabenenya seseorang wanita. Menurut Irman, putusan ini jadi pesan untuk semua dunia kalau di Indonesia telah tak ada sekali lagi diskriminasi untuk menempati satu takhta.

Dengan terdapatnya putusan ini, lanjut Irman, menyatakan kalau Raja Yogyakarta dapat meletakkan anaknya, yang di ketahui yaitu Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi, jadi pemimpin.

" Raja ini tidak memiliki anak lelaki serta cuma memiliki anak. Putusan ini tidak mengharuskan anak lelaki jadi raja, anak wanita dapat juga jadi raja, " pungkas Irman.
Share on Google Plus

About Mandiri188

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar