AGEN BOLA - Skema Pensiun Pegawai Negeri Sipil Berubah

AGEN BOLA - Skema Pensiun Pegawai Negeri Sipil Berubah

AGEN BOLA - Skema Pensiun Pegawai Negeri Sipil Berubah

Setiap saat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di buka, jumlah pendaftar senantiasa membludak. Saksikan saja pada 2017 ini. Dimuka Agustus pemerintah buka peluang dengan sediakan 19. 210 kursi CPNS yang terbagi dalam 1. 684 untuk Mahkamah Agung serta 17. 526 untuk Kementerian Hukum serta HAM.

Sampai Jumat, 18 Agustus, tempo hari, pelamar CPNS di Kemenkumham telah mendekati satu juta, persisnya 764. 729 orang. Sedang pelamar di MA menjangkau 23. 479 orang.

Walau sebenarnya peluang itu masih tetap di buka hingga akhir bulan ini. Telah mulai sejak lama beberapa pencari kerja tergiur dengan profesi PNS karna iming-iming ada tunjangan, upah tetaplah, serta ada jaminan uang pensiun.

Ayi (32), PNS di satu instansi negara, umpamanya, mengaku satu diantara argumen yang membuatnya begitu menginginkan jadi PNS karna ada kepastian terlebih dalam soal upah

dan pensiun. Hal yang serupa juga disibakkan Faisal (27), pegawai Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan. " Tahap karir tentu serta sudah pasti ada uang pensiun, " kata dia.

Uang pensiunan untuk pegawai negeri memanglah mengundang selera. Tidak seperti pegawai swasta yang " pendapatannya " juga akan turun mencolok saat pensiun, PNS saat

pensiun masih tetap dapat nikmati " upah " sebesar 75 % dari upah pokok waktu paling akhir bekerja. Tetapi, system ini, menurut pemerintah, membebani biaya negara. Saksikan Grafis Menurut Direktur Pengaturan APBN Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kunta Wibawa Dasa Nugraha, sampai kini pemberian uang pensiun PNS memakai skema pay us you go yang begitu memberatkan APBN. Sebab, uang pensiun beberapa abdi negara ditalangi oleh pemerintah bila ada kekurangan.

Dengan skema yang digerakkan sekarang ini, pemerintah paling tidak keluarkan biaya sebesar Rp 100 triliun setiap th. untuk membayar kekurangan uang pensiun PNS. Jadi contoh, dalam RAPBN 2018, pemerintah membagikan biaya untuk pembayaran pensiun PNS bersama TNI serta Polri sebesar Rp 109 triliun.

Th. depan, pemerintah juga akan ganti skema pay us you go dengan skema baru yakni fully funded. Dalam skema ini, PNS serta pemerintah juga akan membayar iuran uang pensiun dengan dengan dimuka seperti yang jamak dikerjakan di perusahaan swasta. Gagasannya skema ini juga akan diaplikasikan untuk PNS baru.

Dalam Nota Keuangan dan Rancangan Biaya Pendapatan serta Berbelanja Negara (RAPBN) 2018, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, memanglah memajukan skema baru program pensiun PNS. " Saya perintahkan Direktorat Jenderal Biaya untuk mulai melakukan perbaikan program pensiun PNS, " tuturnya minggu kemarin.

Perhitungan atau skema baru pensiun PNS yang sekarang ini tengah digodok oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara serta Reformasi (PANRB).
Share on Google Plus

About Mandiri188

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar